News Update :
Home » , » Mengatasi Anak Susah Makan | Kesehatan Anak

Mengatasi Anak Susah Makan | Kesehatan Anak

Penulis : Unknown on Kamis, 21 Maret 2013 | 08.24

Anak bunda susah makan? Tentu saja, hal ini membuat banyak bunda stres.

Perilaku anak susah makan dapat membuat anak kekurangan asupan nutrisi di masa pertumbuhannya. Kekurangan nutrisi dapat berimbas pada kecerdasannya.

"Perilaku susah makan anak biasanya terjadi saat anak berusia 3 tahun karena anak sudah diberikan makanan yang dimakan keluarga. Pada saat usia 1-2 tahun, anak dikasih makan apapun pasti tidak akan menolak," Spesialis Gizi Klinik dari FKUI-RSCM, dr. Fiastuti Witjaksono, SpGK, dalam sebuah acara baru-baru ini.

Untuk mengatasi perilaku ini, dr. Fiastuti menyarankan agar para bunda semakin kreatif menyediakan masakan.

"Kalau anak menolak nasi, ganti dengan mie, bihun, roti atau kentang. Kalau anak menolak daging, ganti dengan telur. Atau, ajarkan anak makan makanan berkuah. Intinya, semakin banyak jenis makanan, maka semakin mudah bagi anak untuk menerima makanan," tambah dr. Fiatuti.

Selain kreativitas, sebaiknya bunda juga mengajak anak untuk ikut dalam menyediakan makanan. Saat anak diajak untuk memasak di dapur akan membuat mereka tidak memilih makanan.

Yang harus diperhatikan adalah, jangan berharap anak gemuk. Anak gemuk tak selalu berarti nutrisinya tercukupi. "Tubuh gemuk malah membawa risiko penyakit degeneratif kelak mereka dewasa. Selama pertumbuhan anak mash di area grafik hijau dalam Kartu Menuju Sehat (KMS), itu aman," tegasnya. SUMBER:Ghiboo.com
Share this article :

Posting Komentar

penjualan tricajus pusat di Indonesia
 
Design Template by panjz-online | Support by creating website | Powered by ardi tricajus